Desain Rumah Minimalis Modern Dua Lantai yang Atraktif

By | Mei 16, 2024

Berbagai desain rumah bisa menjadi pilihan. Namun dari banyaknya opsi yang sudah ada sekarang, minimalis merupakan salah satu yang sangat populer. Lebih lagi, konsep itu dipadukan dengan gaya modern. Baik itu rumah pribadi hingga bangunan di perumahan, anda bisa temukan cukup banyak desain rumah minimalis modern dua lantai. Penggunaan dua lantai sering menjadi pilihan untuk mengatasi keterbatasan lahan.

Rekomendasi Rumah Minimalis Modern

Desain minimalis tidak berarti biasa saja atau bahkan sederhana. Banyak orang yang malah salah paham terkait maksud dari desain minimalis. Sebenarnya, konsep tersebut mengutamakan fungsi atau kegunaan. Karena itulah, banyak bangunan minimalis menggunakan desain yang tidak rumit dan tidak mempunyai banyak ornamen. Lalu bagaimana dengan desain minimalis modern di bangunan yang mempunyai dua lantai?

  1. Rumah dengan garasi

Beragam desain rumah minimalis modern dua lantai bisa anda temukan. Salah satu yang umuma adalah bangunan dengan tambahan garasi di salah satu sisi bangunan. Untuk pemilik kendaraan, apalagi mobil, keberadaan garasi memang penting agar jangan sampai mobil berada di sisi jalan dan mengganggu pengendara lainnya. Untuk referensi desainnya, area lantai dua di atas garasi ternyata menjadi taman yang menarik. Dengan begitu, rumah menjadi lebih sejuk dan segar. Walau lahan terbatas, keberadaan taman serta balkon kecil membuat rumah minimalis lebih nyaman.

  1. Desain minimalis modern untuk lahan terbatas

Desain rumah minimalis modern dua lantai menjadi solusi bagi rumah dengan lahan yang tidak luas. Keterbatasan yang ada tidak lantas membuat anda gagal mempunyai rumah yang nyaman. Adanya lantai dua akan memberikan area tambahan sehingga jumlah kamar dan ruangan lain pun bisa bertambah. Area sempit justru sangat cocok dengan konsep minimalis dan modern karena bangunan bisa lebih menonjolkan bentuk geometrisnya. Untuk memberikan sentuhan natural, ada tanaman hias di sisi samping rumah. Ada teras di lantai bawah pun memungkinkan adanya balkon dengan taman sederhana di lantai dua.

  1. desain rumah yang futuristik

Desain rumah minimalis modern dua lantai bisa pula berpadu dengan sentuhan yang futuristik. Bentuk bangunan pun menjadi terasa unik. Di suatu contoh desain, ada rumah yang tetap menonjolkan sisi geometris sehingga rumah terlihat seperti susunan balok. Uniknya, ada satu bagian di lantai dua yang menonjol atau menjorok ke depan. Hal ini tidak saja membuat tampilan rumah unik, tapi kemudian memungkinkan adanya garasi karena area menjorok yang ada. Dengan warna putih dan coklat terang, tampilan eksteriornya pun tetap elegan.

  1. Rumah minimalis modern dengan rooftop

Desain rumah minimalis modern dua lantai bisa pula menggunakan rooftop. Dua lantai saja memang terkadang masih kurang. Keberadaan space tambahan di bagian paling atas dari rumah memungkinkan adanya tempat untuk bersantai, baik dengan keluarga atau teman. Rooftop juga bisa berfungsi sebagai taman tambahan. Kehadiran rooftop bakal membuat pengelolaan ruangan di rumah menjadi tambah gampang karena anda tidak akan perlu space tambahan untuk ruang terbuka di lantai satu dan dua. Rooftop bakal menjadi ruang terbuka untuk beragam kegiatan.

  1. Rumah yang asri dengan taman

Desain rumah minimalis modern dua lantai bisa menjadi opsi untuk area tanah yang tidak rata. Ketika ternyata ketinggian yang ada memang tidak rata, anda tidak harus repot menambah tanah untuk menyejajarkan ketinggian. Justru area yang tidak rata bisa dimanfaatkan untuk menjadi taman. Dengan begitu, area utama rumah tampak lebih tinggi dari area halaman yang rendah. Anda tinggal menambahkan tangga saja sebagai akses untuk memasuki area rumah. Selain desain tambah menarik, keberadaan taman akan membuat suasana rumah tambah asri.

Keunggulan Konsep Minimalis Modern

Konsep minimalis dan modern menjadi populer bukan tanpa alasan. Justru ada banyak hal yang menjadi keuntungan dari penerapan desain rumah tersebut. Minimalis modern pun tidak hanya berlaku untuk bagian eksterior atau interior saja, tapi bisa meliputi semua bagian. Lalu, apa yang menjadi keuntungan dari desain tersebut?

  1. Perawatan rumah yang gampang

Desain rumah minimalis modern dua lantai memungkinkan perawatan rumah lebih praktis dan efisien. Di bagian interior, tidak ada terlalu banyak perabot hingga ornament sehingga kegiatan bersih-bersih rumah akan menjadi lebih gampang dan tidak harus repot memindahkan dekorasi yang ada. Denah rumah pun cukup sederhana sehingga tidak ada area dengan sudut sulit yang terkadang membuat proses pemersihan lebih berat.

  1. Ruangan yang sehat

Desain rumah minimalis modern dua lantai mengoptimalkan peran ventilasi dan sinar matahari. Dengan begitu, ruangan memang menjadi lebih sehat. Ditambah lagi, kehadiran tanaman hias hingga taman pun menjadi detail tambahan yang ada di desain tersebut. Alhasil, udara segar akan didapatkan. Ruangan juga tidak akan terasa terlalu lembap.

  1. Hemat energi

Desain rumah minimalis modern dua lantai memang bisa memangkas tagihan listrik bulanan anda. Pemanfaatan jendela untuk sinar matahari membuat anda tak harus tergantung pada lampu saat siang hari. Cahaya matahari saja sudah cukup untuk menerangi rumah anda.

  1. Solusi lahan sempit

Desain rumah minimalis modern dua lantai jelas menjadi solusi untuk lahan yang sempit. Sekarang memang tidak mudah mencari lahan yang luas karena sudah ada banyak bangunan sehingga mendapatkan lahan yang pas saja sudah sangat bagus. Dengan dua lantai dan penerapan konsep yang mengutamakan fungsi, anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan rumah nyaman dengan ruangan yang memadai. Lahan yang kecil pun tak lagi menjadi hambatan. Lantai dua pun masih bisa juga ditambah dengan rooftop atau modifikasi space lainnya. Dengan begitu, rumah idaman pun benar-benar bisa anda dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *