Desain Dapur Rumah Minimalis Modern di Tempat Sempit

By | Mei 17, 2024

Desain sudah sangat beragam sekarang. Tiap orang bisa mempunyai selera masing-masing. Bahkan ada juga yang malah tidak terlalu memperhatikan konsep dan desain dari rumahnya. Namun kalau anda mencari tahu desain yang memang tengah populer, minimalis modern adalah salah satunya. Apalagi dengan situasi rumah yang seringkali tidak mempunyai lahan yang luas, desain itu memang menjadi sangat cocok. Kalaupun anda mencari referensi interior untuk desain dapur rumah minimalis modern, anda bisa cek beberapa pembahasan berikut. Anda bakal bisa tahu contoh dapur serta tips dekorasinya.

Referensi Dapur Minimalis

Dapur menjadi bagian rumah yang wajib ada. Baik itu dapur kotor ataupun dapur bersih, suatu rumah memang wajib mempunyai bagian tersebut. Sekalipun anda jarang memasak, adanya dapur bisa menjadi tempat anda mencuci perabotan atau menempatkan kulkas hingga piring dan perangkat makan lainnya. Lalu, seperti apakah dapur untuk rumah bergaya minimalis modern? Anda bisa cek beberapa contoh berikut.

  1. Dapur yang kekinian dan elegan

Salah satu desain dapur rumah minimalis modern yang bisa menjadi referensi anda menampilkan kesan yang sangat kekinian tapi tetap elegan. Ruangannya memang tidak luas. Namun, penataan kitchen set, cabinet, dan bagian lainnya sangat bagus. Ada kabinet di bagian atas dan bawah. Untuk yang berada di bawah menjadi satu set dengan kompor. Di sebelah kompor pun ada tempat cuci piring. Uniknya, kabinet hanya untuk menyimpan piring dan peralatan masak saja. Ada space tersendiri untuk bumbu dengan rak yang estetis. Rak pun sudah mendapatkan penerangan tambahan dari LED sehingga kehadiran set botol bumbu pun menjadi dekorasi. Untuk warnanya, nuansa abu-abu sangat terasa walau ada gradasi abu-abu dan biru yang membuat dapur terasa lebi elegan dan adem.

  1. Dapur yang sempit dan ringkas

Referensi kedua untuk desain dapur rumah minimalis modern menunjukkan pemanfaatan area yang cukup sempit. Walau begitu, dapur tetap terasa nyaman. Cat di area dinding hingga kabinet sengaja menggunakan warna putih. Hal ini untuk menciptakan efek visual sehingga ruangan dapur bakal tampak lebih luas dan lega. Hal yang unik ada di penataan dan pengaturan bagian dapurnya. Karena area sempit, kabinet segaja dibuat lebih besar agar tetap ada space yang cukup untuk menyimpan perabotan dapur hingga bumbu. Walau sempit pun, kompor, oven, dan bahkan kulkas dua pintu tetap bisa masuk dan penataannya memang mengagumkan.

  1. Dapur bersih yang sederhana

Ketika area rumah anda tidak cukup luas, penggunaan sekat atau dinding pemisah antar ruangan memang tidak harus ada. Hal tersebut bakal anda bisa lihat di desain dapur rumah minimalis modern berikut. Dapurnya cukup sederhana dan tidak terlalu menambahkan hal-hal yang tidak perlu. Namun, kesan elegan sangat tampak sekali. Tidak ada sekat antara dapur dengan ruangan lainnya. Namun., warna cat yang ada menjadi hal yang menandakan bahwa itu adalah area berbeda. Dapurnya menggunakan warna dominan hitam, baik di bagian dinding, lemari es, kabinet, dan juga area lainnya. Ada island pula di dapur yang menjadi meja makan dan area bawahnya digunakan sebagai kabinet tambahan.

  1. Dapur bernuansa cerah

Opsi lain untuk desain dapur rumah minimalis modern menunjukkan kesan yang cerah dan menyenangkan. Penempatan dapur cukup strategis dan memanfaatkan space yang ada. Dapur berada di sisi dari tangga ke arah lantai lain. Untuk menegaskan posisi dapur, ada sekat yang sekaligus mengamankan orang yang menggunakan tangga sehingga tidak akan terjatuh ke area dapur. Karena berada di pojokan ruangan, dapur mendapatkan sisi jendela yang luas. Warna yang dipilih pun sengaja putih dan coklat yang cerah. Dengan begitu, nuansa di ruang masak itu menjadi lebih menyenangkan.

  1. Dapur dengan kabinet yang menghemat tempat

Desain dapur rumah minimalis modern selanjutnya pun kembali menampilkan area yang sempit. Lokasi berada di pojokan namun kesan sempit terasa hilang karena ada jendela yang mengarah ke luar rumah. Dengan begitu, area masak menjadi terasa lebih longgar dan nyaman. Kabinet pun ada sebagai tempat penyimpanan. Uniknya, kabinet tidak menggunakan pintu yang dibuka dengan cara biasa. Guna menghemat tempat, pintu kabinet menggunakan mekanisme geser sehingga anda tak akan kesulitan bergerak walau harus buka-tutup kabinet.

Cara Dekorasi Dapur Minimalis Modern  

Mendekorasi dapur memang bukan hal yang selalu mudah dilakukan. Kalau memang areanya cukup luas, tentu anda tidak akan kesulitan. Namun kalau space yang tersedia cukup sempit, anda perlu putar otak. Agar lebih gampang, anda bisa cek beberapa tips untuk desain dapur rumah minimalis modern berikut.

  1. Pemilihan warna

Cat bukan hal yang bisa dianggap remeh dalam suatu desain interior. Apalagi untuk desain dapur rumah minimalis modern dengan area yang sempit, cat bisa menjadi hal yang menambah kenyamanan rumah.Cat berwarna putih atau gradasi lain yang cerah akan sangat cocok karena bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

  1. Pemanfaatan jendela

Desain dapur rumah minimalis modern bisa memanfaatkan posisi jendela. Baik itu ruangan sempit atau luas, adanya jendela akan sangat berguna. Pertama, itu memungkinkan masuknya sinar matahari sehingga area dapur yang sering terkena air tidak menjadi lembab. Dengan begitu, dapur akan lebih nyaman. Lalu, adanya jendela membuat anda merasa dapur lebih luas karena ada akses untuk melihat area yang outdoor.

  1. Pemilihan furniture

Dengan area yang sempit, sebaiknya anda tidak perlu ruang makan. Ruang makan dan dapur bisa menjadi satu dengan membuat island atau meja yang menyatu di area dapur. Lalu, penggunaan kabinet hingga rak bakal sangat diperlukan untuk menata semua perabotan anda. Ketika semua rapi, ruangan akan terasa lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *