Rumah Minimalis Modern Dengan Balkon yang Nyaman dan Asyik

By | Mei 17, 2024

Merancang rumah dengan dua lantai atau lebih bisa menjadi solusi ketika anda merasa perlu adanya ruangan tambahan di rumah. Karena lahan terbatas, penggunaan lantai tambahah memang solusi terbaik. Untuk rumah minimalis modern pun, banyak desain dan bentuk bangunan yang tidak sekedar satu lantai saja. Namun kalau anda mempunyai lantai tambahan, ada baiknya bila ada balkon. Area outdoor ini bisa menjadi hal yang penting dan sekaligus menarik. Kalau anda ingin dengan konsep dan desainnya, anda bisa cek beberapa ide rumah minimalis modern dengan balkon berikut. Anda tentu tidak akan lagi kesulitan untuk mendapatkan ide penataan balkonnya.

Ide Balkon yang Minimalis dan Modern

Balkon memang bukan menjadi bagian yang wajib ada di suatu rumah yang mempunyai dua lantai atau lebih. Walau hanya menjadi tambahan, adanya balkon menambah ruang terbuka yang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Karenanya, anda bisa mempertimbangkan beberpa konsep dan desain rumah minimalis modern dengan balkon agar nantinya anda tahu akan anda buat seperti apa area outdoor tambahan tersebut.

  1. Balkon sederhana yang nyaman

Rumah minimalis modern dengan balkon memang tak harus terlalu mengedepankan detail. Walau hanya dengan konsep yang sederhana, area outdoor di lantai atas tersebut tetap bisa menjadi spot yang nyaman. Salah atu contohnya adalah balkon dengan sentuhan warna abu-abu. Kesan netral dan nyaman sudah terasa. Lalu, tidak ada banyak furniture dan detail tambahan. Hanya ada tanaman di dua sisi temboknya saja. Lalu, di bagian tengahnya ada kursi dengan meja. Kursi santai lengkap dengan bantal dan sandaran sudah lebih dari cukup untuk nantinya anda memanfaatkan balkon sebagai area bersantai.

  1. Balkon yang ramah anak

Rumah minimalis modern dengan balkon bisa pula menggunakan desain yang ramah untuk anak. Ketika anda masih mempunyai anak kecil, balkon bisa anda jadikan tempat ekstra untuk bermain. Ini bisa menjadi solusi saat anak sudah suntuk di dalam ruangan terus menerus. Karenanya, ada ayunan yang sudah disiapkan. Lantainya pun dibuat menggunakan rumput sintetis sehingga terasa lebih empuk. Tanaman hias pun sudah tertata dengan rapi agar suasana lebih segar. Karena ditujukan sebagai ruangan ekstra untuk anak, dinding atau pembatas di balkon dibuat lebih tinggi agar anak lebih aman nantinya tanpa risiko terjatuh. Nuansa nyaman dan segar benar-benaer bakal membuat anda dan buah hati betah.

  1. Balkon yang hijau

Ruang terbuka hijau bisa pula anda terapkan untuk rumah minimalis modern dengan balkon. Balkon tidak hanya sekedar menjadi area outdoor tambahan di rumah, tapi akan bisa anda jadikan spot untuk merasakan suasana hijau yang menyegarkan. Dengan kata lain, area balkon anda jadikan taman kecil. Apalagi kalau anda senang tanaman hias dan berkebun tapi tidak mempunyai area yang luas untuk pekarangan, balkon sangat bisa menjadi taman kecil anda. Tanaman bisa anda tempatkan di sisi-sisi balkon. Bahkan kalau perlu, anda bisa menambahkan rak untuk menata tanaman hias seperti kaktus atau succulent yang mempunyai ukuran kecil. Saat anda sudah sudah merasa suntuk, anda bisa keluar dan merasakan segarnya pemandangan hijau dan asupan oksigen dari tanaman anda.

  1. Balkon untuk nongkrong

Balkon memang bisa menjadi spot nongkrong yang nyaman. baik itu dengan atau tanpa kursi dan meja, balkon bisa dimanfaatkan untuk anda dan teman-teman berkumpul. Karena area outdoor, anda bisa juga lebih leluasa terutama kalau ada yang  merokok. Agar lebih nyaman dan santai, dinding luar balkon bisa menggunakan kaca agar pemandangan luar lebih jelas, Lantai pun bisa menggunakan rumput sintetis atau kayu agar lebih nyaman kalau ingin duduk lesehan.

  1. Balkon sempit memanjang

Untuk rumah yang mempunyai lahan lebar, balkon bisa terasa memanjang. Sekilas, bentuknya mungkin aneh. Namun justru itu berpotensi menjadi tempat yang nyaman. Walau memanjang dan terkesan sempit, anda bisa tambahkan saja tanaman hias atau pohon kecil di kedua sisinya agar tetap terasa segar. Lalu, anda tinggal tambahkan kursi dengan meja saja. Walau mungkin tidak cukup untuk duduk berhadap-hadapan dengan orang lain, anda bisa manfaatkan bentuk yang memanjang tersebut baik melalui penataan tanaman hias dan hal lainnya.

Pentingnya Balkon di Rumah Minimalis Modern

Balkon memang bukan hal yang wajib ada di suatu rumah bertingkat. Perannya memang tidak sama dengan dapur hingga kamar tidur yang wajib ada.  Namun kalau memungkinkan, balkon bisa menjadi tambahan yang bermanfaat, dan tentu ada beberapa keuntungannya.

  1. Tempat bersantai

Saat anda sudah lelah atau penat dengan suasana di dalam rumah, anda bisa menggunakan balkon. Daripada harus turun ke lantai bawah, anda tinggal buka saja pintu ke balkon dan penat pun bisa hilang terbawa angin. Ini sangat cocok apalagi untuk orang yang tidak betah berlama-lama di suatu ruangan. Karenanya, desain rumah minimalis modern dengan balkon memang patut masuk pertimbangan. Sekadar duduk santai di balkon saja sudah bisa sangat melegakan.

  1. Taman tambahan

Suatu rumah minimalis modern dengan balkon bisa menjadi solusi ketika anda ingin taman tapi tidak ada pekarangan yang cukup. Area balkon bisa anda sulap menjadi taman mini tapi tetap menyenangkan dan menyegarkan. Ragam tanaman hias bisa tumbuh dengan baik. Anda yang perlu penyegaran pun bisa menikmati pasokan oksigen. Ini juga cocok apalagi kalau anda tinggal di perkotaan. Anda setidaknya turut terlibat untuk pengurangan polusi.

  1. Tempat nongkrong

Bagi anak muda atau bahikan anda yang masih senang nongkrong dengan teman, anda bisa manfaatkan balkon. Berbincang di dalam ruangan sebenarnya bisa saja tetap dilakukan. Namun kadang akan terasa kurang leluasa. Apalagi kalau ada orang yang merokok, tentu ada rasa sungkan. Sedangkan di balkon, semua menjadi lebih leluasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *